: WIB
  • “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan” (QS. Al-Baqarah : 155).

Kiat Takmir Untuk Memakmurkan Masjid

29 Oktober 2019 | Oleh : Humas & Informasi | Kategori : Umum

Alhamdulillah. 28 Oktober 2019 (semalam), Masjid Baiturachim bersama takmir masjid lain di kecamatan wirobrajan, dapat mengikuti agenda silaturahiim pertemuan rutin 2 (dua) bulanan Dewan Masjid Indonesia, yang malam tadi diadakan di Masjid Al-Barokah Kleben, Kuncen, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dewan Masjid Indonesia (DMI) adalah organisasi tingkat nasional dengan tujuan untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat. Organisasi ini didirikan sejak tahun 1972 dengan maksud untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlaq mulia dan kecerdasan umat serta tercapainya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT, dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

Sebagaimana pertemuan pada umumya, acara terdiri dari pembukaan. Sambutan serta Laporan Ketua DMI kecamatan Wirobrajan, yang mana mensosialisasikan kembali terkait Iuran bulanan sebesar Rp. 50.000 setiap masjid, membahas tentang pelatihan Imam Masjid, rencana pembuatan kalender, profil masing-masing masjid. Serta informasi pemanfaatan dana dari kelurahan/kecamatan yang dapat diakses DMI untuk kegiatan Masjid.

Kiat Takmir Untuk Memakmurkan Masjid — Selain laporan ketua DMI wirobrajan, dari KUA juga menyampaikan informasi, antara lain: adanya program penyuluhan agama untuk TPA, program ketahanan keluarga berbasis masjid, serta kegiatan Festival Anak Sholeh Islami (FASI), dimana 85% prestasi diraih oleh kecamatan wirobrajan.

Kiat Takmir Untuk Memakmurkan Masjid

Yang tak kalah bermanfaat, pada acara pertemuan Dewan Masjid Indonesia se-kecamatan Wirobrajan kali ini, dilengkapi materi kajian tentang kiat takmir untuk memakmurkan masjid. Tidak tanggung-tanggung, DMI menghadirkan takmir masjid Jogokariyan sebagai penyampai materi tersebut. Sehingga yang hadir, bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana management modern memakmurkan masjid seperti yang dilakukan di Jogokariyan.

Setiap masjid, bisa seperti jogokariyan, bahkan tantangan yang dihadapi lebih ringan daripada ikhtiar terdahulu masjid jogokariyan untuk memakmurkan masjid hingga seperti saat ini.

Takmir Masjid Jogokariyan

Menggerakkan untuk Sholat berjama’ah 5 waktu, adalah salah satu kiat penting dalam ikhtiar untuk membuat masjid menjadi lebih makmur.

SebelumnyaTalkshow Jutawan Muslim Sebelum 30 Tahun SesudahnyaPERBEDAAN ANTARA KECERDASAN DAN AKAL

Informasi Lainnya

0 Komentar