• Masjid Baiturachim berada di kawasan Jl. Pamularsih, Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251. Dirintis sejak tahun 1988, dan mulai dibangun pada tahun 1991.
Rabu, 21 Februari 2024

Dari Masjid Lawan Covid

Dari Masjid Lawan Covid
Bagikan
0
(0)

Pandemi Covid semakin meningkat, baik di Yogyakarta maupun Nasional. Bahkan lingkup masjid Baiturachim, Patangpuluhan saja mengalami peningkatan penyintas. Dalam jangka waktu 2 pekan ada warga yang meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid sebanyak 2 orang. Tercatat sudah puluhan warga yang isoman karena gejala Covid ringan hingga cukup berat.

sumber : google news

Pengurus RT dan RW semakin terbebani dalam membantu warga yang isoman, karena kalurahan dan Dinas Sosial juga semakin berkurang kemampuannya dalam membantu warga. Sebelum ada peningkatan penderita Covid karena varian virus baru, untuk isoman masih memperoleh bantuan logistik tiap hari dari Dinas Sosial dan Kalurahan melalui skema UMKM gandeng-gendong. Bantuan tersebut sekarang sudah tidak ada lagi, dan RT dan RW semakin berat bebannya. Padahal penderita semakin meningkat di wilayah masjid yang terdiri dari 5 RT dari 2 RW ini.

Oleh karena itu, takmir masjid yang juga pengurusnya meliputi semua ketua RT mengambil inisiatif untuk membentuk tim satgas atau relawan pencegahan covid. Tugas utama adalah memberi support kepada RT, RW, KTB (Kampung Tangguh Bencana)/Kaltana (Kalurahan Tangguh Bencana) Patangpuluhan dan warga penderita Covid. Bentuk awal dengan mengalokasikan dana ZIS (zakat, infaq, shodaqoh) untuk memberi bantuan logistik bagi warga yang isoman karena terkonfirmasi positif Covid. Bantuan diberikan kepada warga, baik yang muslim maupun non muslim, mengingat tanggung jawab mengatasi persebaran virus ini merupakan tanggung jawab bersama.

Akhirnya untuk pembekalan tim covid masjid Baiturachim, Takmir Masjid mengundang Bpk Agus Triyono, S.I.Kom (kepala cabang Human Initiative DIY dan anggota Forum PRB DIY) agar memberikan coaching bagi tim yang baru lahir ini, pada hari Jumat, 9 Juli 2021. Tema yang diangkat adalah ‘Mewujudkan Masjid Tangguh Bencana: Dari Masjid Lawan Covid”.

Ke depan Masjid Baiturachim akan semakin banyak mengalokasikan anggaran ZIS untuk memenuhi kebutuhan lain, seperti obat-obatan, perlengkapan kesehatan, peralatan APD untuk tim covid, dll. Takmir Masjid Baiturachim juga membuka donasi yang diposting di website www.masjidbaiturachim40an.com dan medsos masjid. Ujian dan cobaan akan terasa ringan jika diatasi secara berjamaah atau bergotong royong.

Open Donasi Untuk Warga Sekitar Penyintas Covid

Yogyakarta, 10 Juli 2021,
Ttd,
Arif Sulfiantono, S.Hut., M.Agr., M.S.I. Sekretaris Takmir Masjid Baiturachim.

KLIK DISINI UNTUK DONASI

Seberapa bermanfaat postingan ini?

Klik bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama untuk menilai posting ini.

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf bahwa posting ini tidak berguna untuk Anda!

Mari kita tingkatkan postingan ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan postingan ini?

SebelumnyaMengatasi Pandemi Covid Dengan BerjamaahSesudahnyaCatatan Idul Adha Masjid Baiturachim 1442 H/2021 M
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Status LokasiWakaf
Tahun Berdiri1988