• Masjid Baiturachim berada di kawasan Jl. Pamularsih, Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251. Dirintis sejak tahun 1988, dan mulai dibangun pada tahun 1991.
Minggu, 21 Juli 2024

Berdakwah Merupakan Kewajiban Bagi Setiap Mukmin

Berdakwah Merupakan Kewajiban Bagi Setiap Mukmin
Bagikan
0
(0)

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung.” [Ali Imran/3 : 104].

Seperti sudah tercantum dalam Ayat Al-Qur’an diatas, bahwa kewajiban dakwah, ada pada diri setiap mukmin. Jika prinsip ini tertanam baik, maka keutamaan-keutamaan Insya Allah akan datang menghampiri kita, paling tidak, dapat menjadi sarana update keimanan bagi diri kita sendiri.

Berdakwah Merupakan Kewajiban Bagi Setiap Mukmin

Hukum Berdakwah

Para ulama menjelaskan, bahwa mengajak manusia ke jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala hukumnya fardhu kifayah di negeri-negeri atau wilayah-wilayah yang sudah ada para da’inya yang melaksanakannya.

Jadi, setiap negeri dan setiap wilayah memerlukan dakwah dan aktifitasnya, maka hukumnya fardhu kifayah jika telah ada orang yang mencukupi pelaksanaannya sehingga menggugurkan kewajiban ini terhadap yang lainnya dan hanya berhukum sunnah muakkadah dan sebagai suatu amalan yang agung.

Keutamaan Dakwah

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan, bahwa para pengikut Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah para dai dan para pemilik ilmu yang mapan. Dan yang wajib sebagaimana diketahui, adalah mengikutinya dan menempuh cara yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” [Al-Ahzab/33 : 21].

Cara Melakukan Dakwah

Pada sisi ini biasanya terjadi banyak pertanyaan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Bahkan, karena sesuatu hal (biasanya tidak syar’i), dapat timbul keraguan untuk menyampaikan sesuatu dalam konteks mengajak orang lain kepada kebaikan yang benar.

Berdakwah Merupakan Kewajiban Bagi Setiap Mukmin

Memang benar. Berdakwah bukan melulu berdiri diatas mimbar khutbah, tidak perlu selalu pada acara pengajian akbar. Banyak cara sederhana melakukan dakwah. Diantaranya bisa dimulai dari lingkup keluarga, semisal dengan membiasakan anggota keluarga mengerjakan salat tepat waktu, di masjid.

Sebagai warga lingkungan yang baik, tentu kita sering berkumpul bersama warga lainnya. Kesempatan yang diberikan Allah SWT ini juga bisa kita manfaatkan sebagai sarana dakwah. Jika malu menyampaikan langsung, ada cara mudahnya, semisal dengan memakai pakaian bernada ajakan kebaikan, contohnya kaos dakwah islami.

Belum punya Kaos Dakwah? Anda mau mencoba cara ini untuk menyampaikan kebaikan serta mendapatkan pahala melalui dakwah?

Seberapa bermanfaat postingan ini?

Klik bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama untuk menilai posting ini.

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf bahwa posting ini tidak berguna untuk Anda!

Mari kita tingkatkan postingan ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan postingan ini?

SebelumnyaIkhtiar Menjadi Muslim Kuat Bersama Darmawan AjiSesudahnyaKontes Konten Sosial Media Masjid
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Status LokasiWakaf
Tahun Berdiri1988