• Masjid Baiturachim berada di kawasan Jl. Pamularsih, Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251. Dirintis sejak tahun 1988, dan mulai dibangun pada tahun 1991.
Jumat, 19 April 2024

7 Lantunan Irama Adzan Populer

7 Lantunan Irama Adzan Populer
Bagikan
0
(0)

Pada artikel sebelumnya, pernah disampaikan tentang Kewajiban Adzan bagi seorang muslim. Sebagai informasi umum lanjutan, mari kita mengenali irama indah nan merdu dalam melantunkan Adzan. Simak terus artikel tentang 7 Lantunan Irama Adzan Populer ini sampai selesai.

7 Lantunan Irama Adzan Populer

Jika anda saat ini adalah seorang Muadzin, atau Qori. Maka irama lagu dalam membaca Al-Qur’an sudah pasti tidak lagi asing. Nada irama tersebut juga sering digunakan untuk melantunkan Adzan. Irama tersebut dikenal dengan nama: Bayati, Shoba, Hijaz, Rost, Nahawand, Syika dan Jiharkah.

Irama Adzan Bayati

Irama bayati, sering digunakan untuk tilawah Alquran keseharian, bacaan imam dalam salat, serta melantunkan Adzan. Bahkan sebagai sarana untuk mempermudah hafalan Alquran.

Irama Adzan Shoba

Irama Shoba terdiri dari 5 bentuk dengan 3 variasi yaitu ajami, mahur, dan Bastanjar, sedangkan untuk tingkatan suaranya ada 2 yaitu : jawab dan Jawabul Jawab.

Irama Adzan Hijaz

Irama Hijazi atau hijaz terdiri dari 7 bentuk adan 4 variasi yaitu, Kard, Kard-Kurd- Naqrisy dan Kurd, sedangkan bentuk tingkatan suara ada tiga : Jawab, Jawabul Jawab dan Qoror.

Irama Adzan Rost

Irama Rost terdiri dari 7 bentuk dan 3 variasi yaitu : Usyaq, Zanjiron, dan Syabir Alarros. Sedangkan tingkat suaranya ada 2 : Jawab dan Jawabul Jawab.

Irama Adzan Nahawand

Irama Nahawand terdiri dari 5 bentuk serta 2 variasi selingan, yaitu: Nuqrosy dan Murokkab. Ciri-ciri variasi Nuqrosy adalah bernada rendah (turun) sendangkan variasi Murokkab bernada tinggi (naik). Adapun tingkat suaranya ada 2 yaitu: Jawab dan Jawabul Jawab.

Irama Adzan Syika

Irama Sika terdiri dari 6 bentuk dan 4 variasi selingan, yaitu: Misri, Turki, Roml dan Uroq. Sedangkan tingkat suaranya ada 3, Qoror, Jawab dan Jawabul Jawab.

Irama Adzan Jiharkah

Irama Jiharkah terdiri dari 4 bantuk dan 1 variasi yaitu Kurdi. Sedangkan tingkatan suara ada 2 tingkatan suara yaitu Jawab dan Jawabul Jawab.

7 Lantunan Irama Adzan Populer – Video

Simak, Dengarkan, Download Irama Adzan Populer beserta Tutorial bersama Ustadz Kris melalui video di bawah ini.

Adzan Paling Populer di Indonesia – Tutorial Lengkap dan Mudah!

Jika dipelajari serta dicoba dikumandangkan secara Istiqomah, Insya Allah ketujuh irama adzan diatas dapat kita kumandangkan secara bergantian pada setiap waktu Salat tiba. Irama lantunan Adzan jenis mana yang menjadi favorit anda?

Seberapa bermanfaat postingan ini?

Klik bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 0 / 5. Jumlah suara: 0

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama untuk menilai posting ini.

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf bahwa posting ini tidak berguna untuk Anda!

Mari kita tingkatkan postingan ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan postingan ini?

SebelumnyaTentang bencana di dalam Al-Qur'anSesudahnyaAdzan Adalah Kewajiban Mulia
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Status LokasiWakaf
Tahun Berdiri1988