• -- Masjid Baiturachim Patangpuluhan Jogja -- Dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi ﷺ bersabda, “Shalatlah kalian wahai manusia, di rumah-rumah kalian. Karena sebaik-baiknya shalat adalah shalat seseorang di rumahnya, kecuali shalat wajib.”
Jumat, 22 September 2023

Catatan Idul Adha Masjid Baiturachim 1442 H/2021 M

Catatan Idul Adha Masjid Baiturachim 1442 H/2021 M
Bagikan
5
(438)

Alhamdulillah, akhirnya pelaksanaan Idul Adha Masjid Baiturachim pada hari Selasa, 20 Juli 2021 berjalan lancar, aman, dan terkendali, walaupun tentu ada kekurangan di sana-sini.

Saya yang ditunjuk Takmir Masjid Baiturachim Patangpuluhan sebagai Ketua Panitia mengucapkan Jazakumullah khairan katsiiro kepada semua Shohibul Qurban, panitia dan semua jamaah masjid Baiturachim 40an. Semoga semua panitia tetap diberi kesehatan setelah kemarin seharian beraktivitas. Aamiiin.

Tahun ini memang kondisi Idul Adha tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid masih berlanjut, bahkan semakin meningkat akibat munculnya varian Delta yang lebih ganas, sehingga mayoritas rumah sakit di DIY overload, dan perekonomian tersendat.

Ibroh atau pelajaran penting dalam pelaksanaan Idul Adha/Qurban tahun ini. Bukan dari sisi manajemen pelaksanaan yang sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid. Tapi dari sisi shohibul qurban. Tentang komitmen seorang shohibul qurban masjid sehingga kemauannya tersebut dimudahkan oleh Allah SWT.

Selama banyak tahun jadi panitia Idul Qurban ada jamaah masjid yang rutin tiap tahun ikut menjadi bagian dari shohibul qurban sapi. Padahal beliau bukan orang kaya, bahkan terlihat menengah ke bawah. Usianya pun sudah lebih setengah abad, dengan pekerjaan serabutan.

Tapi Subhanallah, Allah SWT beri beliau kebarokahan harta sehingga tiap tahun ikut kelompok shohibul qurban di masjid. Cukup banyak yang kehidupannya mapan, kerja kantoran, hidup mentereng, HP canggih dll malah tidak dicukupkan Allah SWT, sehingga belum bisa menjadi shohibul qurban.

Peristiwa tiap tahun ini dapat menjadi ibroh/pelajaran bagi diri ini dan anak-cucu kita kelak. Arti sebuah kemauan yang diiringi kesungguhan dengan mengharap ridho-Nya.

Banyak jalan yang bisa ditempuh, seperti tabungan qurban, arisan, dll. Semoga kita semua dimampukan dan dimudahkan Allah SWT agar tiap tahun dapat menjadi shohibul qurban. Aamiiin.

Arif Sulfiantono, pengasuh NGOPI (Ngobrol Perkara Islam) tiap Ahad malam bakda isya di masjid Baiturachim.

Dokumentasi Video :

  1. Live Stream Bagian #1
  2. Live Stream Bagian #2

Seberapa bermanfaat postingan ini?

Klik bintang untuk menilainya!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 438

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama untuk menilai posting ini.

Karena Anda menemukan posting ini bermanfaat ...

Ikuti kami di media sosial!

Kami mohon maaf bahwa posting ini tidak berguna untuk Anda!

Mari kita tingkatkan postingan ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan postingan ini?

SebelumnyaDari Masjid Lawan CovidSesudahnyaKenangan Abah Fanni Allahuyarham
Tidak ada komentar

Tulis komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Status LokasiWakaf
Tahun Berdiri1988